Resep Bolu Kemojo Khas Kota Riau

Bolu Kemojo ini kue khas kota Riau, Diberi nama bolu kemojo karena bentuk cetakan kue ini serupa dengan bunga kamboja. Itulah sebabnya, bolu kemojo selalu berbentuk bunga kamboja dengan 8 kelopak. Dengan warna hijau yang merupakan ciri khas dari bolu Kemojo.


Bolu Kemojo kota Riau



Bolu kemojo menggunakan bahan-bahan dasar yang sama seperti kue lainnya dari tepung terigu, gula pasir, telur dan mentega. Yang bikin beda bolu Kemojo juga dicampur dengan labu kuning, santan dan wijen sebagai bahan taburannya.

Awalnya saya pikir bikin kue yang satu ini lumayan rumit, setelah nonton video cara membuatnya di Youtube ternyata sangat mudah. Tetapi resep yang mau saya bagikan ini adalah resep bolu kemojo yang sudah dimodifikasi dengan menggunakan bahan yang murah meriah dan sederhana. Saya yakin bunda di rumah tidak akan kesulitan membuatnya di dapur kecilnya :)

Berikut bahan dan cara membuatnya, bunda :

Bahan :

  1. 1 kg ubi kayu
  2. 1 gelas santan kental 
  3. 2 gelas gula pasir 
  4. Garam secukupnya 
  5. 1/2 gelas susu ( saya memakai susu kental manis
  6. 1/4 gelas mentega cair 
  7. 4 butir telur 
  8. 1 sendok teh vanili
  9. Pewarna kuning / hijau untuk makanan ( bunda bisa juga memakai air daun pandan agar lebih wangi )
Cara membuat Bolu Kemojo :
  • Kupas dan bersihkan 1 kg ubi kayu lalu diparut ( bagi bunda yang tidak suka sedikit rasa pahit dari ubi kayu, ubi yang sudah diparut bisa di peras airnya menggunakan kain bersih yang tipis. Tetapi saya suka nya yang gak repot bunda, jadi ubi nya nggak saya peras airnya ). 
  • Campur ubi kayu yang sudah diparut tadi dengan 1 gelas santan kental, sejumput garam dan 2 gelas gula pasir, aduk hingga rata
  • Lanjutkan dengan 1/2 gelas susu dan 1/4 mentega cair sambil terus diaduk
  • Masukkan 4 butir telur satu persatu sambil diaduk hingga benar-benar merata
  • Larutkan 1 sendok teh vanili dan pewarna kuning secukupnya dengan 1 sdm air, lalu campurkan ke adonan ubi, aduk rata, sisihkan
  • Untuk loyang : kalau bunda memiliki cetakan khas bolu kemojo yang berbentuk bunga kamboja dengan bahan yang lumayan tebal, sebaiknya cetakan tersebut dioles mentega dan dipanaskan terlebih dahulu. Tetapi karena saya tidak memiliki cetakan yang seperti itu, saya hanya memakai baking pan biasa. Alas baking pan diberi abu dan dipanaskan terlebih dahulu, loyangnya dioles dengan mentega.

  • Masukkan adonan bolu ke dalam loyang yang sudah dioles mentega lalu letakkan diatas alas baking pan yang sudah diberi abu tadi, kemudian tutup.
  • Panggang selama kurang lebih 45 menit atau sampai bagian atas bolu berwarna kuning kecoklatan, angkat dan dinginkan.
  • Keluarkan bolu dari loyang apabila sudah benar-benar dingin agar tidak lengket, potong-potong dan sajikan


Bolu ini bisa jadi alternatif sajian untuk hari raya bunda, karena bolu khas kota Riau ini awalnya adalah penganan yang biasa disajikan di hajatan, bulan puasa dan perayaan hari-hari besar.
Selamat praktek di dapur kecilnya ya bunda. So, Enjoy Your Cooking Mom :D



Kemojo Cake Recipe

Kemojo cake, It is make from cassava

Kemojo cake comes from the city of Riau, Indonesia. Kemojo name given because the shape is similar to a cookie cutter with frangipani flowers. That is why, cake kemojo always shaped frangipani flower with eight petals. With the green color which is characteristic of cake Kemojo.

Kemojo cake using basic ingredients are the same as other cakes of flour, sugar, eggs and butter. That makes the difference cake Kemojo also mixed with pumpkin, coconut and sesame seed as a topping.

Here are the ingredients and how to make it:
Ingredients :

  • 1 kg of cassava
  • 1 cup thick coconut milk
  • 2 cups granulated sugar
  • Salt to taste
  • 1/2 cup milk
  • 1/4 cup melted butter
  • 4 eggs
  • 1 teaspoon vanilla
  • Yellow or green dye for food ( you can also use water of pandan leaves to make it more fragrant )

How to make :

  1. Peel and wash 1 kg of cassava and shredded finely or you can use a blender or food processor to polished ( you may squeeze the cassava that has been refined to separate the water, and potatoes can be used to make cakes kemojo )
  2. Mixed cassava already earlier with 1 cup thick coconut milk, a pinch of salt and 2 cups of sugar, mix well
  3. Continue with 1/2 milk and 1/4 cup melted butter, stirring constantly
  4. Enter the 4 eggs one at a time, stirring until completely uniform
  5. Dissolve 1 teaspoon vanilla and yellow coloring to taste with 1 tablespoon water, then mix into potato dough, mix well and set aside
  6. To pan : if you have a typical mold shaped cake kemojo frangipani flower with a fairly thick material, the mold should be spread with butter and heated first. But since I do not have mold like that, I just use regular baking pan spread with butter.
  7. Insert the cake batter into the baking pan that has been spread with butter and place in oven
  8. Bake for approximately 45 minutes or until top of cake brownish yellow, remove and let cool.
  9. Remove the cake from the pan when it is really cold to prevent sticking, cut into pieces and serve

This recipe is kemojo cake recipe that has been modified by using cheap materials and simple. I am sure you are at home will not be difficult to make it in the kitchen. So, Enjoy Your Cooking Mom :D

Posting Komentar untuk "Resep Bolu Kemojo Khas Kota Riau"

Promo sembako murah