Resep Brownies Pisang Sederhana

Siapa yang tidak suka dengan brownies ? kue yang satu ini tidak sedikit penggemarnya. Rasa coklat yang ada di dalam kue ini sangat di sukai semua usia, anak-anak hingga dewasa. 

Mengenal brownies adalah penganan atau kue yang di panggang yang berbentuk persegi dan datar, jadi ternyata brownies asli cara memasaknya adalah dengan dipanggang.

Resep brownies pisang di dapur kusneti @2015

Ada begitu banyak cerita mengenai asal kue coklat yang satu ini, salah satunya yang saya ingat adalah ada seorang koki toko kue yang lupa memasukkan bahan pengembang atau baking powder ke dalam kue coklat yang ia buat. 

Hasilnya kue tersebut tidak mengembang seperti kue-kue coklat yang lainnya melainkan teksturnya berubah menjadi bantat, padat dan sedikit basah. Namun dengan tekstur seperti ini, ternyata kue coklat yang satu ini sangat digemari.

Resep brownies pisang di dapur kusneti @2015

Jadi brownies merupakan salah satu kue yang tidak memerlukan waktu yang lama untuk mengocoknya, dan juga tidak memerlukan bahan pengembang atau baking powder di dalam resepnya. 

Karena tekstur brownies yang padat dan lembab inilah menjadi salah satu daya tarik dari kue coklat yang satu ini.

Ada dua macam brownies yaitu brownies fudgy dan brownies cake. Brownies fudgy memiliki tekstur yang padat, lengket dengan kandungan coklat yang banyak dan lembab di bagian dalamnya. 

Biasanya brownies yang fudgy menggunakan coklat batangan. Di Resep Neti kali ini saya membuat brownies fudgy tanpa bahan pengembang atau baking powder dengan cara dipanggang.

Resep brownies pisang di dapur kusneti @2015

Sedangkan brownies cake yaitu brownies dengan tekstur yang hampir menyerupai cake, bagian dalamnya terlihat lembut, lembab, remah dan sedikit mengembang. Dalam pembuatan brownies cake baking powder ditambahkan sedikit untuk membuat tekstur seperti cake.

Resep brownies pisang di dapur kusneti @2015
Bahan-bahan untuk membuat brownies, 3 butir telur sudah saya kocok dengan 4 sdm gula pasir hingga mengembang.
Baca juga artikel Resep Neti yang lain : 

Berikut bahan dan cara membuatnya
Bahan - bahan :
  • 3 butir telur
  • 300 gram pisang
  • 75 gram tepung terigu
  • 100 gram margarin
  • 4 sdm gula pasir
  • 30 gram cokelat bubuk
  • 1/2 sdt garam halus
Video cara membuat brownies pisang :


Cara Membuatnya :
  1. Haluskan 300 gram pisang yang benar-benar matang dan lembut dengan menggunakan garpu
  2. Campur dan ayak 75 gram tepung terigu bersama 30 gram cokelat bubuk 
  3. Lelehkan 100 gram margarin
  4. Kocok 3 butir telur bersama 4 sdm gula pasir hingga telur mengembang
  5. Masukkan 75 gram tepung terigu dan 30 gram cokelat bubuk, aduk hingga benar-benar rata 
  6. Masukkan 300 gram pisang yang sudah di haluskan, 1/2 sdt garam halus lalu aduk rata
  7. Siapkan loyang yang sudah di olesi dengan margarin dan ditaburi tepung merata
  8. Tuang adonan brownies pisang ke dalam loyang dan panggang selama 25-30 menit hingga matang dengan suhu 160 derajat celsius
  9. Setelah matang biarkan brownies di dalam oven hingga dingin, keluarkan lalu potong sesuai selera dan sajikan

Resep brownies pisang di dapur kusneti @2015
Proses pencampuran tepung dan bubuk cokelat yang diayak kemudian dicampur dengan pisang yang sudah dihaluskan

Resep brownies pisang di dapur kusneti @2015
Brownies sebelum dipanggang, lakukan tes tusuk lidi untuk mengetahui proses matang sempurnanya.

Sedikit trik untuk membuat brownies adalah jangan terlalu lama mengocok brownies, di kocok agar semua bahan-bahan dapat tercampur dengan baik. Pengocokan terlalu lama dapat menyebabkan brownies keras atau berbentuk lapisan kering tipis di atas permukaan kuenya.

3 Langkah dasar membuat brownies adalah mentega dan cokelat dicairkan jika anda menggunakan coklat batangan, telur dan gula di kocok bersama hingga mengembang tetapi tidak benar-benar sampai putih, dan terakhir memasukkan tepung terigu atau bahan campuran lainnya seperti pisang, wortel, strawberry, kacang-kacangan, kopi dan lain-lain. Kocoklah bahan-bahan basah dan kering hingga tercampur saja, jangan terlalu lama mengocok setelah telur dimasukkan. So, Enjoy Your Cooking Mom :D



Bananas Brownies Recipe

bananas brownies recipe at kusNeti kitchen @2015

Who does not like brownies? This cake is a lot of fans. Chocolate flavor in this cake is preferable by everyone, children and adults. Getting to know the brownies are snacks or baked cake in a square shaped and flat, so it turns out brownies are native to cook with baked.

There are so many stories about the origin of chocolate cake, the one that I remember is that there is a patisserie chef who forget to include ingredients developers or baking powder into a chocolate cake that he made. The result is not fluffy cakes like chocolate cakes others but turned into a sodden texture, dense and slightly damp. However, with a texture like this, it turns out that the chocolate cake is very popular.

bananas brownies recipe at kusNeti kitchen @2015

So brownies is one cake that does not require a long time to shake it up, and also did not require the developer ingredients or baking powder in the recipe. Because the texture is dense and moist brownies here, becoming one of the charms of this chocolate cake.

There are two kinds, namely fudge brownies and cake brownies. Fudgy brownies texture is dense, sticky with a lot of chocolate content and moist on the inside. Usually fudgy brownies that use chocolate bars. On Neti Recipes at this time I made fudge brownies without materials developers or baking powder with baking style.

While cake brownies with a texture that almost resembles a cake, the inside looks soft, moist crumb and slightly fluffy. In the manufacture of brownies cake baking powder was added little to make a texture like a cake.

bananas brownies recipe at kusNeti kitchen @2015

bananas brownies recipe at kusNeti kitchen @2015
Here are the ingredients and how to make
Ingredients :
  • 3 eggs
  • 300 grams of bananas
  • 75 grams of wheat flour
  • 100 grams of margarine
  • 4 tablespoons granulated sugar
  • 30 grams of cocoa powder
  • 1/2 tsp fine salt

How To Make :
  1. 300 grams of banana puree is completely ripe and soft with a fork
  2. Mix and sift together flour 75 grams with 30 grams of cocoa powder
  3. Melt 100 grams of margarine
  4. Whisk together 3 eggs 4 tablespoons granulated sugar until fluffy eggs
  5. Enter 75 grams of wheat flour and 30 grams of cocoa powder, stirring until completely flat
  6. Enter 300 grams of banana puree, 1/2 tsp fine salt and mix well
  7. Prepare a baking sheet that has been spread with margarine and sprinkled with flour evenly
  8. Pour the banana brownie batter into the pan and bake for 25-30 minutes until cooked to a temperature of 160 degrees celsius
  9. Once cooked let the brownies in the oven to cool, remove and cut to taste and serve


bananas brownies recipe at kusNeti kitchen @2015
mixed with flour and cocoa powder that has been sift together, then mixed with bananas puree

bananas brownies recipe at kusNeti kitchen @2015

Little tricks to make the brownies are not too long whisk brownies, whipped so that all the ingredients can be mixed well. Shaking too long can cause hard brownies or form a thin dry coating on the surface of the cake.

3 basic steps are made brownies and chocolate melted butter if you use chocolate bars, eggs and sugar together until fluffy whipped but not really up to white, and the last to enter flour or other mixed materials such as bananas, carrots, strawberries, nuts, coffee and others. Blend wet and dry ingredients only until blended, do not whisk too long after the egg is inserted. So, Enjoy Your Cooking Mom : D




Posting Komentar untuk "Resep Brownies Pisang Sederhana"

Promo sembako murah